monte carlo 100.000 kali iterasi..laptopku tak mampu

di awal simulasi buat bikin TA dulu, kukira semua simulasinya cuman sederhana-sederhana aja, walo emang pake program MATLAB yang terkenal berat, tapi tidak satu bagian pun di script-ku yang pake blockset, simulink, ato package-package lainnya ngebebani kerja memory…

yah namanya juga TA…Tugas Akhir…harus menjadi sesuatu yang BIG dan membutuhkan totalitas..

script TA-ku yang semula hanya rangkaian kode-kode pendek dan kecil sekarang sudah mempunyai baris sebanyak 600-an…dan buanyak sekali iterasinya (perintah for…if-else…)

Distance Based Forward Link Power Control for HAPS WCDMA System….kalo di-londho-kan kira-kira judul TA-ku seperti itu

simulasi berjalan sesuai prosedur, sampe akhirnya ketemu bagian yang berat dan menyiksa laptop/PC tempat simulasi…MONTE CARLO SIMULATION …sebuah skenario simulasi yang mengharuskan iterasi dengan jumlah yang sangat buanyak untuk dapet hasil yang eligible dan bener secara teori..

pertama2 aku coba monte carlo sampe 1000 kali iterasi…lumayan lumayan…ga butuh waktu lama buat nge-run

tapi lha kok hasilnya jelek……hasil yang diharepin masih jauh dari harapan ato hasil yang seharusnya..

berarti jumlah iterasinya harus ditambah-tambah lagi, walaupun laptopku seakan sudah meronta-ronta….terpaksa kucoba juga langkah radikal nan ekstrim..monte carlo 100.000 kali….ketika dipencet ENTER buat nge-run script….

whuuzzzzz…..shiinggg…..lama….ga ada hasil apa2”’aku bisa ngedengerin processor agak berisik mengatasi siksaan ini….interface command MATLAB cuman kasi tulisan Busy gitu aja..

ah tinggal ke warung dulu aaaahh….akhirnya aku pergi ke warung dulu, beli minum en makanan..maklum kerja malem ampe pagi…pas uda pulang dari warung, cek laptop lagi..

BELOM SELESAI JUGA…mengejutkan..apakah laptopku sudah mencapai batasnya…?? sepertinya iya..ngecek CPU Usage terus menerus 100%, membuatku merasa iba terhadap laptopku..akhirnya kuakhiri saja hidup MATLAB waktu itu walo hasilnya belom keluar

maafkan aku laptopku…lain kali akan kucoba 10.000 kali aja…

Toshiba Portege R150 dengan processor Pentium-M dan Memory 752MB….menyerah kepada instruksi simulasi monte carlo 100.000 kali…….

beuh….gimana selanjutnya ini…script MATLAB-nya sudah terlalu menyiksa si laptop…untung saja hasilnya sudah cukup bagus dengan 10.000 kali

tenang laptopku…kemungkinan besar hanya bagian ini yang butuh iterasi gila-gilaan..selanjutnya seperti yang sudah biasa kau lakukan….

outage.jpg

grafik ini…grafik ini yang membuatku menyerah….ujar si laptop

tidak perlu berkecil hati laptopku…..selain dari kegagalan ini udah banyak keberhasilan grafik-grafik indah yang dikau hasilkan…..

rth.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

hohoho….bagus kan grafiknya…..jadiin wallpaper keren kali ya..??

 

tapi grafik ini nyarinya paling lama…dan paling mendongkolkan….tiga hari tiga malam bertapa berjuang akhirnya dapet juga

emang ya….kalo mau dapet yang bagus itu pasti susah……^_^

5 thoughts on “monte carlo 100.000 kali iterasi..laptopku tak mampu

  1. ngeri cah…
    btw, piye tho carane kerjo monte carlo kuwi? gak iso dibagi2 yo emange, misal 10rb sik peng sepuluh ngono simulasine, tapi datane progresif. hehehe…

  2. @ reza

    justru idene monte carlo kui melakukan iterasi peng akeh….ben iso ketok piro seng eror..

    biasane buat ngitung BER…kan ga mungkin nek iterasine sithik…

    hihihi…..

  3. mas eki, simulasi monte carlo diaplikasikan ke kasus apa ya?. aku juga lagi belajar monte carlo neh..hihihihihihihi…kasih tau ya mas eki..thanks.

    oiya, YM aku:crushboner_sejati

    thanks berat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s