grr…kesel…jadi pingin misuh

Haduh…cerita yang satu ini ga jauh-jauh dari perjalanan panjang bikin TA di tingkat 4 ini…

Jadi ceritanya waktu itu tanggal tua di bulan Maret…kalo ga salah sekitar tanggal 29 – 30 maret lah…di suatu siang yang panas…tiba-tiba ga ada angin ga ada ujan ga becek tapi ada ojek…laptopku ga bisa masuk windows…alias bluescreen

Hadooh…laptop ini emang udah sering masalah sebenernya…bahkan uda sempet ganti hard disk internal soalnya yang lama emang uda rusak ga ketulungan…ga nyangka ternyata yang baru ini…baru beli sekitar dua – tiga bulan, uda rewel kayak gini

Ihik ihik…semua data TA gw, yang uda dibikin, baik script program, dasar teori ato bakal calon draft yang – untungnya – waktu itu belom banyak semuanya ada di laptop, jadi kalo ada masalah sama laptop, agak sedikit kayak disamber petir rasanya…

Kan ada backup

hah pemikiran yang baik, iya bener, membuat sesuatu yang penting tanpa backup uda ga bisa dibilang bego lagi…tapi uda level idiot paling…emang gw udah menanamkan bibit data di beberapa ftp di kampus, di kompie kamar…jadi sesaat mikir kayaknya ga ada bakal banyak masalah kalo sekarang (waktu itu) laptop diformat en diinstall ulang…

Dengan keyakinan tinggi tanpa mengecek seberapa jauh backup-an yang ada, dengan penuh percaya diri dan gas penuh laptop gw akhirnya diformat…hilanglah semua data didalamnya…

Hari itu hari jumat, en hari jumat malem gw putusin pergi ke kampus untuk ambil backup-an di ftp…en apa mau dikata kalo…backup-an terakhir yang ada di ftp adalah kerjaan gw tiga minggu yang lalu…artinya uda tiga minggu semua kerjaan belom di backup baik di ftp manapun ato di kompie kamar…

BUBAAAR…kali ini bener-bener modhar gw…kerjaan gw di bulan maret adalah yang paling banyak progressnya…karena dikerjain tiap hari, en nambah hasil tiap hari, jadinya males backup…dengan asumsi

nanti aja ah di backup kalo uda agak banyakan progressnya

ato bisikan-bisikan

halah, ga akan kenapa-kenapa kok leptopnya…jadi gini nasib gw…

Mundur secara teratur…mulai malem itu juga semuanya kerjaan serasa dejavu…semua yang uda gw temuin, uda jalan simulasinya…harus di trace lagi…ihik menyesakkan emang, tapi ya mau gimana lagi dah…lebih lagi dua hari setelah kejadian kelabu (kejadian langsung bubar) ini, gw akan pulang kampong ke bali, sedikit rest lah, pikirnya ga akan banyak kerjaan, tapi gara2 kejadian ini, jadilah paruh pertama pulang kampong di bali jadi kerja simulasi juga ujung-ujungnya…

Namanya juga TA…

Waktu gw ambil kuliah TLT (teknologi dan layanan telematika) sama pak Ian Yosep, pernah dijelasin suatu konsep yang namanya disaster recovery period…intinya parameter ini menilai seberapa cepat suatu sistem yang dibuat bisa balik lagi ke keadaan normal jika kena musibah/bencana, semakin cepet, semakin baik sistemnya…jadi konsep ini juga yang menambah semangat gw untuk melakukan recovery apa yang ilang…karena ga mungkin orang bikin sesuatu ga ada obstacle-nya kan…en semakin cepet selesai masalah, jadi semakin cepet bisa nikmatin waktu di bali ^_^

Haduh…hikmah yang bisa diambil…sekarang semuanya harus di backup tiap hari, biar kalo ada apa2, selalu ada checkpoint (kayak maen crash bandicoot ^_^) yang deket, biar ga terlalu mundur jauh…

Buat yang baca postingan ini juga, walaupun kayaknya udah semua melakukannya, tapi cuman mengingatkan untuk bersegeralah mem backup data-data anda sekalian, jangan sampe kejadian kayak gw juga hehehe…Fastabikhul backup…berlomba-lomba lah dalam backup.

Tapi dengan usaha dan kerja keras, dan dengan suasana rumah di Bali yang mendukung sangat (baca = makan ga mikir bayar ^_^)…semua kerjaan yang ilang uda bisa didapet lagi dalam waktu ga nyampe seminggu dari sejak ilang ^_^ Alhamdulillah…

4 thoughts on “grr…kesel…jadi pingin misuh

  1. Wah..abis baca ini gw langsung pengen nge-back up TA gw…serem juga kalo tau2 ilang..
    Tapi yg penting smua TA lu kan dah beres lagi hehehe..

  2. waduh waduh dude…hmm gimana seh kebiasaan maen pas maen game kudu diterapkan..alias doyan nge-save.Tapi akhirnya kembali juga kebiasaan itu..yah ada gunanya sih that’s gamer Rule!!

    oh ya sukses buat TA-nya..dan koq loe balik ke bali gak kabar2ri yah pengen private holiday ya…hayoooo
    mampir ke blog gw dude…dinantikan comment y wkwkwkwk

  3. walahh,,, klo TA ilang panikk gila lahh.. untung dh dibresin lg.. smangat2 TA nya..🙂 TA gw ga bres2 ni.. huhu

Leave a Reply

