inikah rasanya = sidang

kejadian penting dalam hidup gw sebagai mahasiswa berlangsung tanggal 25 Juni kemaren…yaitu …apalagi kalo bukan sidang TA (serem ga situ….) ^_^

melihat judul postingan ini mungkin lebih mirip sinetron ya “inikah rasanya” hehe tapi emang Alhamdlillah sidang ini happy ending buat gw…

TA yang uda selesai lalu harus dipertanggungjawabkan dihadapan tiga orang dosen penguji yang…kalo gw dapetnya sih pak Adit, pak Tutun en pak Sugi…hmm sesaat mendengar nama-nama dosen penguji itu sebenernya ada perasaan keder juga…soalnya beliau-beliau ini pasti sudah ahlinya terutama pak Adit yang dosen siskomsel dan disertasi beliau juga tentang topik yang gw angkat di TA, yaitu “power control CDMA” jadi udah ga diragukan lagi kalo pak Adit sudah fasih masalah sistem seluler dan “mbah“-nya power control…

well…apapun itu harus dihadapi…hari sidang tiba, tanggal 25 Juni jam 9 pagi teng (scheduled as one among the first…hihi…asik biar cepet lega) di ruang telmat 2…

tepatnya perang sidang TA mulai jam 9:05 waktu Indonesia bagian telmat, walao waktu itu pak Adit belom dateng karena masih ada di sidang jadwal sebelumnya, pak Sugi sebagai ketua sidang memulai acara…dimulai presentasi skitar 20 minitz, lalu mulailah sesi tanya jawab yang dimulai dengan pertanyaan pak Tutun

ini pake software apa“…”bikin flowchart cara kerjanya ga“…

ini Anda sudah ada rumus matematis kayak gini lalu apa sulitnya TA Anda” …….sempat merasa terpojok karena pertanyaan terakhir ini tapi masih teratasi

kemudian giliran pak Adit yang nanya…Jreeng ini dia …kalo ini pasti susah

Anda tau bedanya downlink sama uplink, lebih banyak multipath yang mana…coba anda gambarkan mekanisme transmisi uplink dan downlink….”

lha pertanyaan ini perasaan soal nomor 1 UAS siskomsel…hehe ternyata pak Adit ingin mengetes kemampuan siskomsel (ampyun paak)…mulai terdesak, mulai merasa tidak bisa menjawab, mulai merasa agents down agents down gw berusaha berkelit sebisanya haha

pertanyaan pak Sugi ga jauh2 dari penjelasan soal WCDMA yang gw bahas..en kayaknya ga begitu membuat gw keliatan terdesak…untuuuung aja…i have to admit that i was so lucky that morning

TEEEEENG NOOOOONG jam indonesia bagian telmat sudah menunjukkan pukul 10:00 dimana ini berarti waktu sidang gw udah selesai, dan berhubung udah semua dosen nanya, gw pikir this is already the end..tetapi tiba-tiba pak Adit mengangkat tangan dan berkata “sebentar dulu…sebentar dulu”

“saya ingin menguji kemampuan anda mengenai efek doppler, coba kalo ….(melalui proses pemotongan pertanyaan oleh sang penulis blog ^_^) ….sel mana yang lebih menderita

gw terdiam…terdiam dan ga ngerti kok bisa nyambung ke mana-mana gini …mencoba membela diri dengan mengatakan = pak, c’mon its totally out of my topic …..tapi sang penanya tampaknya sangat ingin gw menjawab pertanyaan itu…tetap terdiam, dan berdiri tak berdaya

coba anda tuliskan rumus doppler dulu….(setelah gw tulis rumusnya)…yah kalo rumusnya saja anda sudah salah ya mau gimana lagi…ga akan bisa jawab pertanyaan saya…”

ini quote yang gw paling ingat = “…oke ya sudahlah…berarti sudah keliatan minor anda dimana…”

instead of answering that question, he said something like that…apa yang bisa gw simpulin berarti emang pertanyaan ini untuk membuat gw ga bisa jawab, sehubungan dengan semua pertanyaan sebelumnya bisa gw jawab semua, apa kalo gw bisa terus berarti sidang terus berjalan dan menunggu sampai “minor gw keliatan” dalam arti gw terlihat tidak bisa menjawab…??? dunno deh

“baiklah, saudara tunggu dulu diluar sambil kami diskusikan nilai saudara”

lemes…berjalan keluar dari telmat 2, udah lumayan pesimis waktu itu, apalagi pas di lorong telmat ada teriakan gembira dari mereka yang sidang jadwalnya sama kayak gw dan udah keluar nilainya…liat jam di tangan, udah 10:15, jadi udah molor dari waktu sebenarnya selesai…akhirnya gw dipanggil lagi masuk ruangan sidang

“baik…kami sudah diskusikan nilai saudara”

kemudian pak Adit berkata sambil no intens “udah kasi C aja cukup ini pak Sugi”

“saudara menduga-duga dapat nilai apa…”

“saya tidak suka menduga-duga pak…katakan saja”

“keputusannya anda tidak perlu mengulang sidang, dan anda lulus dengan nilai A”


happy ending

7 thoughts on “inikah rasanya = sidang

  1. Horeeee….tak peduli di dalam ruangan sidang terjadi perang yg sengit dan sulit tapi yg penting sidang lu lulus dan A pula!! hehehe…

    Senang ya zak,,akhirnya lulus juga..gw rasa pak Adit mah becanda tuh..mungkin itu sisi humoris pak Adit yg tidak kau ketahui hahahahaha…

  2. mantaaaaaapp!!!!

    gw belon sidang neh. boro2 sidang, TA 2 aja baru digarap, hehehe… tapi kelak gw yang bakal ada di ruangan ‘itu’, berhadapan dengan orang2 yang kapasitas otaknya ‘berlebihan’!!!! dan semoga gw gak ketawan minor di pertanyaan pertama, huahahaha…

    met jadi SARJANA🙂

  3. selamat yah ki..
    kebeneran TA gw jg power control cdma, tp datanya msh krg.
    share ke gw dunk data km kalo ga keberatan (krm ke email Yah)
    tx,

Leave a Reply

