Ayat Ayat Interview, verse one

“aaaw….tatuuut…bakal dibantai gw”
“aaach…pengalaman interview pertamax nih”
“pasrah lah gw…masuk ya masuk…ga ya ga…”

itulah beberapa kesan dan kata2 pertama yang gw denger dari temen2 yang bakal interview/wawancara…hiiy syerem ga sich, terutama buat fresh grad yang masi “hijau” dan baru akan memasuki belantara dunia kerja, pasti menegangkan dan buat ketar ketir. gw sendiri sih sama sekali ga jago kalo interview😛 bahkan jauh lebih sering gagal daripada lolosnya, nah oleh karna daripada hal itu dan tersebut, gw sering cari2 tips soal interview supaya lebih “lancar” dan “jaya”

satu verse yang selalu mendasari perspektif gw soal interview, gw dapetin dari Career Guidebook Series from St. Lawrence University yang mbahas soal interview, berbunyi sebagai berikut:

“interviewing involves a mutual exchange of information, rather than an inquisition or interrogation. An interview is an opportunity for candidates and employers to mutually evaluate the match between the candidate’s qualifications and goals and the organization’s needs”

one thing that shall be put in mind, interview itu bukan pembicaraan satu arah, tapi mutual exchange of information,  jadi bebas-bebaslah dan jangan malu bertanya (karena malu bertanya berarti punya kemaluan). beberapa pertanyan tipikal yang bisa dipake diantaranya tentang jobdesc position yang sedang diapply, tentang budaya perusahaan, soal how will I be supervised atau tentang program training di perusahaan tersebut (ngemeng-ngemeng berkualitas lah ya😛 )

berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti prior to menuju medan laga perang interview

1. kenali dirimu..!!!

ngomong sih gampang ya..melakukannya yang sulit😀 . let see, jika kita punya skill/kemampuan tertentu, bisa jadi disaat interview skill tersebut kurang berarti kalo kita ga bisa articulate dengan benar. jadi bersiaplah dan berlatihlah untuk menterjemahkan skill anda ke bentuk kata2 yang meyakinkan😀 be confidence in yourself and your qualification…!!!

satu hal lagi yang penting juga adalah tentang CV/Resume anda, pastikan semua isi didalem CV bisa dipertanggungjawabkan, jadi jangan bohong waktu ngisi CV (uups..curhat😛 ) karena sebagian pertanyaan waktu interview diambil dari isi CV

one more tips juga yaitu take your time ketika menjawab pertanyaan, karena its so common kadang2 kita punya ide jawaban didalem otak, tapi ketika mengucapkannya kok jadi amburadul🙂 , jadi dengan turut mengadopsi semboyan biar lambat asal selamat, jangan keburu-buru sewaktu merespon pertanyaan.

2. ketahui field of interest

so obvious dikala anda apply suatu posisi, pasti anda akan ditanya why in the world kok mau meng-apply posisi yang bersangkutan, dan pertanyaan selanjutnya adalah whether anda cocok untuk posisi tersebut. lha gimana caranya tau..? bertanya kepada senior adalah langkah terbaik, ato bisa juga research di internet, minimal untuk dapat informasi mengenai future projections, industry trends, kompetitor, dan kualifikasi tipe orang di posisi yang sedang di-apply.

3. cari tau company yang sedang di-apply

nah yang satu ini sangat penting, gimana mungkin mo gabung ke suatu perusahaan (yang bisa dianggep layaknya rumah kedua) tanpa tau asal usul dan seluk beluk bisnisnya🙂 . berikut ini beberapa hal yang bisa dicari:

  • ukuran perusahaan dan # of employee
  • entry level
  • career path
  • profit/revenue/sales
  • products and/or services
  • kompetitor
  • market share
  • projection for future
  • reputasi perusahaan
  • dan lain lain🙂

4. ketahui posisi yang sedang di-apply..!!!

sebelum interview, pastikan anda punya deskripsi yang clear soal posisi dan skill2 yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut.sekali lagi, latihan untuk articulate posisi dan demands anda. melakukan review terhadap job posting akan sangat membantu🙂

nah sekarang setelah melanglang buana melakukan research mengenai pekerjaan dan persiapan soal interview, sekarang saatnya LATIHAN…!! hehe.. mock interview, bersama kolega atau sesama calon peserta interview sangatlah berguna, terutama untuk latihan meng-articulate dan membangun mentality sebelum menuju medan perang😀

(to be continued)

4 thoughts on “Ayat Ayat Interview, verse one

  1. gw belum di-interview kerja secara resmi sama sekali lho zak…… ^_^
    Tar gw cari perusahaan yg gak interview gw ahh, biar perusahaan itu yg cari kapabilitas kita. Ky gitu keknya seru😛

    • lah kan cari beasiswa juga interview..

      secara umum ilmu interview sama saja Njdas, cuman ada beberapa bagian spesifik yang beda2 antara cari kerja, cari beasiswa, ato bahkan cari pasangan hidup wkwkwkwk…

      biar ga pernah kerja, tapi sampeyan dapet beasiswa dan udah admitted di keluarga istri… excellent..!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s