Sistem TI Garuda Kacau Karena Kesalahan Manajemen

INILAH.COM, Jakarta –Kacaunya penerbangan Garuda dinilai bukan karena 100% sistem TI yang buruk. Tapi juga berhubungan dengan kesalahan manajemen yang membahayakan bisnis Garuda selanjutnya.

“Hal ini memprihatinkan sekali dan menunjukkan kelemahan posisi konsumen di mata airline-arline di Indonesia,” kata pengamat teknologi Alfons Tanujaya saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (23/11)..

Alfons menilai Garuda terjerumus seperti sekarang lebih karena persiapan yang kurang matang. Padahal sistem TI yang dipakai seharusnya bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Dan jika akan menerapkan sistem baru maka harus melihat kultur dan komunikasi dalam implementasinya.

“Misalnya sinkronisasi, idealnya sih bagus, pilot, pramugari, teknisi dan semua sumber daya benar-benar disinkronkan dalam 1 sistem. Kalau itu bisa berjalan maka akan sangat bagus karena akan meningkatkan kualitas layanan dari airline itu sendiri,” kata Alfons.

Namun menurut dia yang jadi pertanyaan adalah budaya yang beda, dan itu satu hal penting harus diperhatikan. “Kalau di sini disuruh menggunakan sistem baru, mereka yang sudah berada di comfort zone (yang sudah nyaman) akan melawan,” katanya.

Menyangkut waktu yang lama bagi Garuda untuk memperbaiki sistem hingga dua hari, Alfons menyatakan sangat susah dijawab. Karena hal itu harus melihat kompleksitas masalah, berapa besar size perusahaan, perubahan sistem yang dilakukan, dan apakah kulturnya menentang atau tidak.

“Jadi kalau langsung menerapkan satu sistem saja tanpa memperhitungkan apa bisa diterima atau diimplementasikan dengan baik harus dilakukan dengan cermat. Jadi bukan jika di Jerman bisa jalan di Indonesia juga bisa jalan itu artinya manajemen salah bikin keputusan,” tegas Alfons.

Namun Alfons menyatakan meskipun sistem TI Garuda saat ini bermasalah, bukan berarti akan mudah disusupi oleh orang jahat. Menurutnya sistem airline secara umum adalah tertutup, sehingga agak sulit bagi teroris cyber untuk menyusup.

“Tapi saya nggak tahu apakah Garuda sedemikian bodoh hingga membuka sistemnya, Tapi harusnya tidak, sistem yang terbuka hanya reservasi,” katanya.[ito]

[ito]

3 thoughts on “Sistem TI Garuda Kacau Karena Kesalahan Manajemen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s